Manfaat Label Sticker untuk Rumah Sakit

Manfaat label sticker untuk rumah sakit ada cukup banyak. Label sticker tidak hanya digunakan untuk industri makanan, minuman, kosmetik atau produk sehari-hari, namun juga memiliki manfaat yang banyak untuk rumah sakit. Pada artikel ini kami akan membahas seputar manfaat label sticker pada rumah sakit dan farmasi.

 

Pengertian Label Sticker

Label merupakan sebuah atribut atau penanda tertentu yang melekat pada sebuah benda. Umumnya label terbuat dari bahan sticker dan kain/serat. Pada produk makanan dan minuman, serta produk FMCG banyak digunakan label dengan bahan sticker dimana label akan menempel secara kuat pada kemasan/wadah produk. Sementara itu beberapa produk memiliki label dari bahan kain, umumnya label dari bahan kain dijahit pada produk sehingga dapat melekat dengan baik. Beberapa contoh bahan yang tergolong kain adalah bahan nylon, satin dan woven. Pada rumah sakit digunakan label dengan bahan sticker seperti vinyl, semicoated, HVS, hingga yupo.

 

Manfaat Label Sticker secara umum

Secara umum, label sticker digunakan sebagai penanda suatu produk, juga sebagai media penyampai informasi bagi sebuah produk. Untuk produk makanan, minuman, atau produk konsumsi lainnya, label juga berfungsi sebagai media branding dan iklan yang cukup efektif. Label pada produk juga digunakan untuk mempermudah proses input data di kasir dengan sistem barcoding. 

 

Manfaat Label Sticker untuk Rumah Sakit

Pada rumah sakit, label sticker memiliki manfaat-manfaat lainnya yang berkaitan dengan sistem informasi manajemen rumah sakit atau SIMRS. Berikut ini beberapa manfaat sekaligus aplikasi label sticker pada rumah sakit. 

 

  • Label barcode pada gelang pasien

Label Sticker Gelang Pasien

Hampir seluruh rumah sakit saat ini telah menerapkan sistem barcoding. Sistem barcode biasanya digunakan pada struk/nota pasien juga pada gelang yang digunakan pasien rawat inap. Pada barcode biasaya disimpan informasi pasien seperti nama pasien atau nomer pasien. Data barcode umumnya terhubung dengan database pasien yang telah diinput oleh pihak rumah sakit seperti tempat & tanggal lahir, alamat tempat tinggal, hingga rekam medis.

  • Label pendukung untuk SIMRS 

Label sticker banyak digunakan untuk memudahkan proses penerapan sistem manajemen informasi rumah sakit (SIMRS). Label biasanya diintegrasikan dengan kode barcode atau QR Code tertentu yang telah terkoneksi atau terhubung dengan database pasien atau SIMRS. 

  • Label inventaris barang

Label sticker juga banyak digunakan pada rumah sakit sebagai label penanda inventaris barang. Label inventaris barang juga dapat diintegrasikan dengan sistem barcode untuk mempermudah proses scanning/monitoring dan input data. Label biasanya ditempelkan pada inventaris rumah sakit seperti alat-alat kesehatan, kursi, meja, bed/kasur, dan lain-lain.

  • Label pada obat farmasi

Salah satu manfaat penting dari label sticker di rumah sakit adalah sebagai label obat. 

Obat yang diberikan rumah sakit atau instalasi farmasi wajib memiliki label yang tertera pada botol, kemasan atau wadah obat. Informasi yang biasanya dicantumkan pada label obat antara lain, nama obat, komposisi obat, cara pakai/instruksi pakai, keterangan tambahan serta expired atau masa kadaluarsa pada obat. 

 

Macam-macam bahan label sticker rumah sakit

Penggunaan label sticker di rumah sakit umumnya menggunakan beberapa bahan sticker dibawah ini seperti : 

 

1. Bahan Yupo

Bahan ini terbuat dari serat plastik atau polymer dengan tampilan finishing doff atau tidak mengkilap. Bahan yupo cukup tahan terhadap air dan outdoor, dapat merekat kuat pada wadah serta mudah untuk dicetak. Bahan ini biasanya digunakan pada label obat dan label pada gelang pasien. 

 

2. Bahan Vinyl

Bahan vinyl secara umum memiliki karakteristik yang sama dengan bahan yupo kecuali pada tampilan finishingnya yang glossy atau mengkilap. Bahan vinyl juga tahan air, cukup tahan dan awet untuk penggunaan luar ruang (outdoor) serta mudah untuk dicetak. 

 

3. Bahan Semicoated

Bahan semicoated terbuat dari bahan dasar kertas. Bahan ini tidak tahan air, dan sering dipakai untuk label dalam ruangan. Label semicoated memiliki tampilan yang sedikit glossy. Label ini mudah dicetak dan dicutting serta menjadi salah satu bahan label yang paling banyak digunakan di berbagai macam industri.

 

4. Bahan HVS 

Bahan ini sangat mirip dengan bahan semicoated karena sama-sama terbuat dari kertas, namun bedanya bahan HVS memiliki tampilan doff dan merupakan bahan yang paling mudah ditemukan. Bahan HVS juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan label lainnya. 

 

5. Bahan Thermal 

Bahan ini juga berbahan dasar kertas. Bahan thermal hanya bisa dicetak dengan bantuan printer thermal karena cara kerja bahan thermal adalah pada sensitifitas permukaan kertasnya terhadap panas. 

 

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan pabrik percetakan label untuk keperluan rumah sakit dan telah bekerja sama dengan berbagai macam rumah sakit di Indonesia. Galtys menyediakan roll label rumah sakit berbahan vinyl, semicoated, HVS, yupo dan thermal. 

Galtys telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Dr. Soedirman Kebumen, RS Sinar Kasih Purwokerto, RS Jantung Harapan Kita, dan rumah sakit lainnya. 

 

Untuk anda yang membutuhkan label rumah sakit, label SIMRS dan label obat/farmasi, silahkan kontak Admin Galtys >> 0813-9820-6548 

Leave a Reply

Your email address will not be published.