Manfaat Label Pengiriman Beserta Contohnya

Label pengiriman adalah sticker pada paket pengiriman yang berisi data informasi pengiriman seperti nama pemesan, nama pengirim, alamat tujuan, nomer HP, nomer resi hingga barcode pengiriman. 

Label pengiriman atau label resi tidak hanya berguna untuk membantu pihak ekspedisi dalam proses pengiriman paket, namun juga membuat paket anda terlihat lebih rapi dan menarik. 

Anda dapat membuat label pengiriman secara mudah dengan menggunakan berbagai macam aplikasi di smartphone atau HP seperti canva atau aplikasi office di android. 

Selain itu, saat ini hampir seluruh marketplace atau platform ecommerce lainnya telah memberikan fitur cetak label secara instan pada dashboard seller, seperti pada shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll. 

Untuk anda yang menggunakan toko online sendiri berbasis wordpress atau woocommerce, anda juga dapat menggunakan berbagai macam plugin cetak label pengiriman yang dapat digunakan secara gratis seperti plugin simple shipping labels for woocommerce, Free shipping label, dan Woocommerce print label shipping. 

 

Informasi yang perlu dicantumkan pada label pengiriman atau label resi

Adapun beberapa informasi yang perlu anda cantumkan pada label pengiriman atau label resi adalah sebagai berikut :

  • Nama Penerima 
  • Alamat Lengkap Penerima (Nama Jalan, Nomer rumah, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, Kodepos)
  • Nomer Handphone / Telepon penerima
  • Nama Ekspedisi dan Layanan (contoh JNE REG, Sicepat Halu, dl)
  • Nama Pengirim
  • Alamat lengkap pengirim (Nama Jalan, Nomer rumah, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, Kodepos)
  • Nomer Handphone / Telepon pengirim
  • Nomer resi (jika didapat secara otomatis dari marketplace)
  • Barcode pengiriman (otomatis didapatkan dari marketplace/ecommerce)

Informasi diatas wajib anda cantumkan pada label pengiriman atau resi anda, selain dapat mempermudah proses pengiriman oleh pihak ekspedisi, ada beberapa manfaat lain dari penggunaan label pengiriman atau resi, berikut ini 4 manfaat penggunaan label pengiriman atau label resi.

 

Manfaat Penggunaan Label Pengiriman atau Label Resi

1.Mempermudah pihak ekspedisi dalam melakukan proses pengiriman. 

Dengan menggunakan label pengiriman atau label resi pada paket anda, pihak ekspedisi dapat lebih mudah dalam melakukan proses input data ataupun proses pengantaran/delivery paket ke tujuan. Label yang dicetak dengan printer dan dapat dibaca dengan baik akan memudahkan sprinter atau pengantar paket dalam menjalankan tugasnya. 

2. Mempercepat proses input data di ekspedisi

Saat ini label resi pengiriman banyak yang telah terintegrasi dengan teknologi barcoding, dengan menggunakan barcode, proses input data dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan alat scanner barcode, pihak ekspedisi tidak perlu melakukan proses input data secara manual. 

3. Meminimalisir terjadinya kesalahan input data

Dengan menggunakan label pengiriman atau label resi yang dicetak dengan printer, kesalahan proses input data pengiriman akan semakin lebih kecil. Bayangkan jika anda menulis label pengiriman dengan tangan dengan tulisan yang sulit dibaca, maka kemungkinan pihak ekspedisi dalam melakukan kesalahan penginputan data. 

4. Untuk kebutuhan branding 

Menggunakan label pengiriman atau label resi yang proper dan baik tentunya akan meningkatkan branding dari produk/layanan anda. Bayangkan jika anda menggunakan label pengiriman yang asal-asalan dan ditulis secara manual dengan tulisan yang tidak rapi, tentunya hal ini akan berefek buruk terhadap branding produk anda. Dengan menggunakan label pengiriman dan label resi yang baik, perusahaan anda akan dinilai lebih serius dan professional serta perhatian terhadap detail kecil pada produk anda. 

Itulah 4 manfaat dari penggunaan label pengiriman atau label resi yang bisa anda dapatkan. 

 

Jika anda ingin membuat label pengiriman atau label resi, anda juga perlu memperhatikan jenis bahan label yang dipilih. Ada beberapa bahan label sticker pengiriman yang biasa digunakan, namun umumnya bahan jenis HVS adalah bahan yang paling sering dipakai. 

 

 

4 Jenis Bahan Sticker Label Pengiriman dan Label Resi

1.Bahan HVS 

Bahan ini adalah bahan label pengiriman dan label resi yang paling banyak digunakan. Alasan utama dari penggunaan bahan HVS adalah harganya yang paling terjangkau dan penggunaannya yang mudah. Selain itu bahan HVS banyak ditemukan bahkan di toko alat tulis sekalipun. Bahan HVS juga dapat dicoret atau ditulis permukaannya dengan menggunakan pulpen/pena. 

 

2. Bahan Thermal

Bahan ini merupakan bahan yang sering digunakan untuk mencetak label pengiriman oleh pihak ekspedisi. Label thermal banyak digunakan karena kemudahannya dan harganya yang relatif murah. Bahan thermal umumnya tersedia dalam bentuk gulungan atau roll dan anda harus menggunakan printer thermal dalam proses cetak.

 

3. Bahan Semicoated

Bahan ini juga menjadi pilihan banyak produsen dalam mencetak label pengiriman atau label resi mereka. Tampilan permukaan semicoated yang sedikit glossy memberikan kesan yang lebih baik jika dibandingkan dengan label HVS. Anda perlu menggunakan printer khusus dengan ribbon untuk mencetak label pengiriman dibahan semicoated. 

 

4. Bahan Vinyl dan Yupo

Bahan ini cukup jarang dipakai untuk label pengiriman atau resi, selain karena harganya yang lebih mahal, bahan ini juga tidak mudah didapatkan secara umum dengan jumlah pembelian yang sedikit. 

Untuk anda yang ingin membaca lebih detail dan lengkap seputar Jenis Bahan Label Pengiriman dan Resi beserta masing-masing karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari tiap bahan, anda bisa membacanya disini >> Macam-macam Jenis Bahan Label Pengiriman

Berikut ini contoh label pengiriman atau label resi yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membuat label pengiriman untuk produk anda. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.