Fungsi dan Pengertian Kemasan Produk

Apa pengertian kemasan

Kemasan adalah suatu proses pembungkusan produk yang bertujuan untuk melindungi, menyimpan, memperlancar distribusi, dan memberikan informasi tentang produk tersebut. Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media promosi dan branding bagi produsen.

Kemasan dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti plastik, kertas, karton, logam, dan lainnya. Pilihan bahan tergantung pada jenis produk yang akan dikemas, sifat produk tersebut, serta kebutuhan dan preferensi pengguna akhir.

Kemasan juga harus memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah. Di Indonesia, kemasan harus memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, kemasan harus memiliki sistem keamanan yang baik agar tidak mudah terbuka atau rusak selama proses pengiriman atau penyimpanan. Kemasan yang rusak dapat menyebabkan produk menjadi kontaminasi bakteri dan mengakibatkan penyakit bagi konsumen.

Dengan demikian, kemasan memegang peranan yang penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk serta memberikan informasi yang berguna bagi konsumen. Sebagai produsen maupun konsumen, kita harus memperhatikan pilihan kemasan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan juga memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Packaging Product
Apa saja jenis kemasan produk

Ada berbagai jenis kemasan yang tersedia, tergantung pada jenis produk yang akan dikemas, sifat produk tersebut, serta kebutuhan dan preferensi pengguna akhir. Beberapa jenis kemasan yang umum digunakan adalah:

  1. Kemasan plastik: Plastik merupakan pilihan kemasan yang paling populer karena harganya yang relative murah dan mudah diperoleh. Namun, plastik juga dapat merusak lingkungan jika tidak dibuang dengan tepat setelah digunakan. Ada berbagai jenis kemasan plastik yang tersedia, seperti kantong plastik, kemasan botol plastik, dan lainnya.
  2. Kemasan kertas: kertas merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kemasan plastik. Kemasan kertas terbuat dari bahan dasar kayu yang diolah menjadi kertas. Kemasan kertas biasanya digunakan untuk mengemas produk-produk yang lebih ringan, seperti makanan ringan, kopi, dan lainnya.
  3. Kemasan karton: merupakan kemasan yang terbuat dari bahan dasar kertas yang diplester dengan lapisan plastik atau laminasi. Kemasan karton kuat dan tahan terhadap air, sehingga cocok untuk mengemas produk-produk yang mudah rusak atau yang membutuhkan penyimpanan yang lebih aman.
  4. Kemasan logam: Kemasan logam terbuat dari bahan dasar logam seperti aluminium atau tembaga. Kemasan logam tahan terhadap cairan dan memiliki sifat steril, sehingga cocok untuk mengemas produk-produk yang membutuhkan keamanan yang tinggi, seperti makanan cair atau obat-obatan.
  5. Kemasan vakum: merupakan kemasan yang digunakan untuk mengeluarkan udara dari dalam kemasan sehingga mencegah terjadinya oksidasi atau pembusukan pada produk yang dikemas. Kemasan vakum cocok untuk mengemas produk-produk yang mudah busuk, seperti daging atau ikan.

Itulah beberapa jenis kemasan yang umum digunakan. Pilihan kemasan tergantung pada jenis produk yang akan dikemas, sifat produk tersebut, serta kebutuhan dan preferensi pengguna akhir.

Apa fungsi dan tujuan desain kemasan

Fungsi dan tujuan desain kemasan adalah:

  1. Melindungi produk: Yaitu sebagai pelindung produk dari kerusakan atau kontaminasi selama proses pengiriman atau penyimpanan. Kemasan juga harus mampu menjaga kebersihan dan higienis produk agar tidak tercemar bakteri atau kotoran.
  2. Menyimpan produk: mampu menyimpan produk dengan baik sehingga tidak mudah rusak atau busuk. Kemasan juga harus memiliki sistem penutup yang baik agar produk tidak mudah terbuka atau terserap udara.
  3. Memudahkan distribusi: harus memudahkan proses distribusi produk, baik dari produsen ke gudang atau toko, maupun dari toko ke rumah konsumen. Kemasan harus mampu bertahan selama proses pengiriman dan tidak mudah rusak atau terbuka.
  4. Memberikan informasi: harus memberikan informasi yang berguna bagi konsumen, seperti tanggal kadaluarsa, cara penyajian, komposisi bahan, dan lainnya. Kemasan juga harus memiliki desain yang menarik dan mudah dibaca agar konsumen mudah memahami informasi yang disajikan.

Sebagai media promosi: Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media promosi bagi produsen. Desain yang menarik dan unik dapat menarik perhatian konsumen dan membuat produk terlihat lebih menarik.

Dengan demikian, desain kemasan memegang peranan yang penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk serta memberikan informasi yang berguna bagi konsumen. Desain yang tepat juga dapat membantu mempromosikan produk dan meningkatkan nilai jual produk tersebut.

 

Stiker pada kemasan produk

Stiker merupakan salah satu jenis atribut kemasan yang sering digunakan untuk memberikan informasi atau promosi pada produk. Stiker bisa terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti plastik, kertas, atau vinyl. Stiker bisa ditempelkan pada berbagai jenis permukaan, seperti kemasan produk, mobil, atau bangunan.

Stiker pada kemasan umumnya digunakan untuk memberikan informasi tentang produk tersebut, seperti nama produk, tanggal kadaluarsa, cara penyajian, komposisi bahan, dan lainnya. Stiker juga bisa digunakan untuk memberikan promosi atau branding bagi produsen.

Stiker pada kemasan harus memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah. Di Indonesia, stiker pada kemasan harus memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Stiker pada kemasan juga harus memiliki desain yang menarik dan mudah dibaca agar konsumen mudah memahami informasi yang disajikan. Desain stiker yang tepat juga dapat membantu mempromosikan produk dan meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Dengan demikian, stiker pada kemasan memegang peranan yang penting dalam memberikan informasi dan promosi bagi produk. Produsen harus memperhatikan pemilihan bahan dan desain stiker yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan juga memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Untuk anda yang membutuhkan label sticker untuk kemasan, anda dapat menghubungi admin Galtys Label melalui WhatsApp di 0813-9820-6548

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *